Begini Cara Cek Sinyal TV Digital di Daerah Tempat Tinggal

Rabu, 22 Juni 2022 22:40 WIB

Share
Begini Cara Cek Sinyal TV Digital di Daerah Tempat Tinggal
Ilustrasi tampilan aplikasi sinyalTVDigital. Foto: play store/akrt

JAKARTA, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan migrasi TV analog ke digital (analog switch off) atau ASO selesai pada 2 November 2022.

Menkominfo Johnny G. Plate, Kemkominfo menetapkan tiga tahapan implementasi TV digital. Tahap pertama adalah 30 April 2022 yang meliputi 56 wilayah di 166 kabupaten dan kota. Sedangkan  tahap kedua, migrasi TV digital berlangsung pada tanggal 25 Agustus 2022 di 31 wilayah layanan yang mencakup 110 kabupaten dan kota.

Untuk dapat menonton siaran televisi digital diperlukan perangkat televisi yang sudah mendukung siaran digital di Indonesia. Lalu bagaimana cara untuk mengecek sinyal TV digital di daerah tempat tinggal kita? Kominfo telah memfasilitasi masyarakat melalui aplikasi Sinyal TV Digital.

Lewat aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengecek apakah sinyal TV digital di wilayah sekitar tempat tinggal kuat, lemah, buruk, atau bahkan tidak ada. Tak hanya itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan fitur yang ada untuk mengecek jangkauan saluran TV.

Dilansir dari siarandigital.kominfo.go,id masyarakat bisa mengecek sinyal televisi digital melalui aplikasi sinyalTVDigital yang dapat diunduh di Google Play dan App Store. Aplikasi sinyalTVDigital berisi peta yang menunjukan sinyal televisi digital, informasi pemancar hingga daftar konten-konten siaran tv digital.

 

Berikut cara mengecek sinyal televisi digital melalui aplikasi sinyalTVDigital :

· Unduh aplikasi sinyalTVDigital di Google Play dan App Store.

· Peta yang tertera pada aplikasi TV Digital PPI secara otomatis akan memperlihatkan titik lokasi sesuai GPS perangkat dan menghubungkannya dengan Menara transmisi terdekat dalam radius wilayah layanan daerah.

· Warna pada peta menggambarkan seberapa kuat sinyal pemancar yang dipancarkan oleh Menara transmisi ke radius wilayah layanan.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar