Semen Gresik dan BPBD Kabupaten Rembang Perkuat Desa Tangguh Bencana

Kamis, 23 Juni 2022 21:40 WIB

Share
Semen Gresik dan BPBD Kabupaten Rembang Perkuat Desa Tangguh Bencana
Peserta acara melakukan praktik pertolongan pertama saat terjadi bencana yang dipandu oleh BPPD Rembang. Foto: Ist

REMBANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - PT Semen Gresik (PTSG) berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Rembang dan Pemerintah Desa Criwik melaksanakan kegiatan Optimalisasi Desa Tangguh Bencana di Desa Criwik, Kecamatan Pancur, Rembang. 

Kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu (22/6), tersebut terdiri dari sosialisasi dan simulasi tanggap bencana, pembuatan dan penempatan tanda-tanda peringatan bencana, pembuatan pos siaga bencana, serta penyediaan alat early warning system.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan Manajemen PTSG, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Rembang, Forkopimcam Pancur, Pemdes Criwik, Lembaga Desa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama Desa Criwik.

Senior Manajer Komunikasi & CSR PTSG Dharma Sunyata menjelaskan bahwa kegiatan Optimalisasi Desa Tangguh Bencana merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung BPBD untuk mencapai misi “Ketangguhan Bangsa dalam Menghadapi Bencana.” 

 

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan warga untuk mengenali ancaman bencana di wilayahnya, serta agar warga mampu mengorganisasikan sumber daya untuk mengurangi kerentanan dan risiko bencana.

"Perusahan melihat bencana bukan hanya urusan pemerintah. Perlu adanya sinergi dalam penanggulangan bencana dari segala sektor masyarakat. Semen Gresik berkomitmen untuk mengambil peran dalam hal tersebut," ujar Dharma dalam rilisnya,Kamis 23 Juni 2022.

 

Menurut Dharma, pada tahun 2020 telah ditandatangani nota kesepahaman antara PTSG dengan BPBD Kabupaten Rembang terkait kerjasama dalam upaya penanggulangan bencana. Desa Criwik kemudian dipilih sebagai sasaran program Desa Tangguh Bencana sesuai hasil pengkajian risiko potensi bencana dari BPBD Kabupaten Rembang.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar