Aksi Pungut Sampah Hiasi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Magelang

Sabtu, 25 Juni 2022 12:40 WIB

Share
Aksi Pungut Sampah Hiasi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Magelang
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sarifudin saat melepas aksi pemungutan sampah. Foto: Harsono

MAGELANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Bupati Magelang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sarifudin menggelar aksi pemungutan sampah dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-50 tingkat Kabupaten Magelang, Jumat 24 Juni 2022.

Iwan Sutiarso menyampaikan bahwa, Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada permasalahan kerusakan lingkungan yang semakin parah dan sebagian besar disebabkan karena ulah manusia. 

 

Akibat kecerobohan manusia itu sendiri sehingga menimbulkan musibah bencana alam diantaranya, banjir di musim penghujan, hawa panas dan bencana kekeringan di musim kemarau, yang disebabkan karena semakin berkurangnya jumlah pepohonan penyuplai oksigen, semakin sedikitnya ruang resapan/tangkapan air dan matinya sumber mata air di pegunungan. 

Menurutnya, penggunaan bahan bakar kendaraan serta asap dari cerobong pabrik juga berkontribusi pada polusi dan pencemaran udara sehingga menurunkan kualitas udara yang dihirup sehari-hari.

"Jika hal ini tidak disikapi dengan bijak sedini mungkin, bukan tidak mungkin alam akan memberikan bencana yang lebih parah lagi kepada kita. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, pada tahun 2040 mendatang, akan terjadi krisis air di Pulau Jawa yang memicu terjadinya konflik air," kata, Iwan Sutiarso.

 

Iwan menekankan bahwa kondisi TPA Pasuruan dan TPA Klegen di Kabupaten Magelang saat ini sudah mengalami over load, bahkan sudah dilakukan penutupan pada TPA Klegen sejak tahun 2020 lalu.

Berperan Aktif

Oleh karena itu, ia mengimbau agar pengelolaan sampah dapat diselesaikan di desa masing-masing dengan mengoptimalkan kinerja TPS 3R dan Bank Sampah yang sudah ada di desa, dengan memilah sampah dari sumbernya atau dari rumah masing-masing. 

Halaman
Reporter: Admin Jateng
Editor: Aji
Contributor: Y Bagyo Harsono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar