Mahasiswa Ilkom USM Beri Pelatihan Phone Fotografi bagi Karang Taruna Mugassari

Senin, 27 Juni 2022 09:20 WIB

Share
Mahasiswa Ilkom USM Beri Pelatihan Phone Fotografi bagi Karang Taruna Mugassari
Mahasiswa Ilkom USM saat memberikan pelatihan phone fotografi. Foto: Ist

SEMARANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID  - Tim  mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM)  terjun ke masyarakat memberikan pelatihan bidang komunikasi. Kegiatan yang digagas sebagai output mata kuliah semester VI Komunikasi Pembangunan sebagai wujud peran Perguruan Tinggi terjun ke masyarakat. 

Ditemui di Balai Kelurah Mugassari Semarang, Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Edi Nurwahyu Julianto mengaku kegiatan ini sebagai bentuk praktik langsung implementasi mata kuliah yang output- nya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. 

"Sudah tidak jamannya mahasiswa hanya belajar di dalam kelas saja, mereka dilatih punya kepercayaan diri memberikan pelatihan sesuai bidang ilmu yang sudah dipelajari di kampus ke masyarakat secara langsung yang selama ini dijalankan oleh dosen saja," ujar Edi.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan Minggu (26/6)  bertajuk Memaksimalkan Hasil Foto dengan Kamera Smartphone Guna Menunjang Kreativitas di Balai Kelurahan Mugassari ini diikuti puluhan anggota karang taruna Gradika Mugassari. 
Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi USM, Ardiana Intan mengaku desain pelatihan ini mengajarkan satu per satu peserta untuk bisa mengolah foto dengan smartphone yang nantinya dapat digunakan Karang Taruna mendokumentasikan atau membuat materi promosi kegiatan.

"Peserta diajarian teknik Fotografi dari komposisi sampai pencahayaan dengan kamera hp untuk menghasilkan foto penunjang promosi kegiatan di karang taruna," ujar Ardiana Intan. 

Lurah Mugassari Yumi Astuti yang hadir di pelatihan menyambut baik kegiatan ini mengingat Karang Taruna Gradika selama ini menjadi ujung tombak produksi publikasi kegiatan kelurahan untuk diunggah di sosmed ataupun membuat poster kegiatan kelurahan. 

"Saya apresiasi Pelatihan fotografi yang baru pertama kali dilakukan di mugassari dan ini bermanfaat untuk menghasilkan foto yang baik apalagi sebentar lagi kelurahan akan mengikuti lomba PKK yang membutuhkan banyak materi foto untuk penunjang kegiatan lomba" ujar Yumi Astuti. (Aji)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar