Pemkab Magelang Luncurkan Vaksinasi PMK Tahap Pertama

Senin, 27 Juni 2022 19:48 WIB

Share
Pemkab Magelang Luncurkan Vaksinasi PMK Tahap Pertama
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memantau vaksinasi PMK tahap pertama di Desa Podosoko. Foto: Harsono

MAGELANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi jajaran Forkompimda me-launching vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap pertama di Dusun Podo, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran PMK menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, Senin 27 Juni 2022.

Zaenal Arifin menyampaikan, saat ini khususnya di sektor peternakan di wilayah Kabupaten Magelang sedang menghadapi krisis kesehatan yang dikenal dengan sebutan PMK. Pemerintah pun terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan menekan semakin meluasnya PMK pada hewan ternak yang terjadi akhir-akhir ini. 

 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pengadaan dan distribusi vaksin PMK secepat mungkin, termasuk Kabupaten Magelang saat ini mendapatkan alokasi vaksin 600 dosis melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. 

"Namun Alhamdulillah tidak semua kecamatan yang ada di kabupaten Magelang terkena PMK," kata Zaenal disela-sela kegiatan peluncuran  vaksinasi PMK.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Magelang juga memohon maaf karena terpaksa melakukan penutupan pasar hewan sementara yang ada di Kabupaten Magelang agar tidak terjadi penularan yang lebih luas lagi.

 

Langkah awal terhadap munculnya PMK yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Magelang melalui dinas peterikan yaitu dengan melakukan penyuntikan vitamin juga pemberian multivitamin serta memberikan antibiotik.

"Baru kemarin hari Jumat vaksin ini diberi ke kita dan langsung kita laksanakan hari ini di Podosoko, karena menurut laporannya Podosoko ini sebagai salah satu sentra yang memperkuat kontribusi daging yang ada di Kabupaten Magelang," jelas, Zaenal.

Dia  juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan  kepada masyarakat di Kecamatan Sawangan khusunya yang ada di Podosoko yang terus bersama-sama dan berkontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Magelang di sektor penyediaan daging. 

Halaman
Reporter: Admin Jateng
Editor: Aji
Contributor: Harsono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar