Di Tangan Tim FTP USM, Limbah Rambut Jagung Disulap Jadi Agar-Agar Sehat

Selasa, 28 Juni 2022 09:02 WIB

Share
Di Tangan Tim FTP USM, Limbah Rambut Jagung Disulap Jadi Agar-Agar Sehat
Tim PkM USM saat mengenalkan agar-agar sehat terbuat dari rambut jagung di SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Foto: Ist

SEMARANG , JATENG.POSKOTA.CO.ID - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (USM) menggelar  kegiatan sosialisasi dan pelatihan dengan tema “Teknologi Pasca-panen Jagung dan Pemanfaatan Limbah Rambut Jagung”.


Pelatihan diikuti 70 siswa kelas 10 dan 11 bertempat di SMK Negeri H Moenadi Ungaran, Kabupaten Ungaran, baru-baru ini.

 

Kegiatan PkM ini diawali dengan pemaparan mengenai teori pascapanen jagung oleh  Zulhaq Dahri Siqhny ST MT, Kemudian paparan mengenai potensi rambut jagung untuk kesehatan Oleh Ir Ery Pratiwi MP, pelatihan pembuatan agar-agar sehat dari rambut jagung yang dipandu oleh Dr Ir Haslina MSi, dan dibantu oleh dua mahasiswi USM Putri Angelica Dan Anisa Julia.


Haslina mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai peningkatan kemampuan siswa dalam memanfaatkan limbah pasca-panen.


"Tujuan PkM ini yang diusung oleh tim adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa siswi SMK Moenadi dalam memanfaatkan limbah pasca panen rambut jagung. Selama ini rambut jagung dinilai tidak memiliki nilai ekonomi. Padahal rambut jagung mengandung senyawa flavonoid yang berguna untuk Kesehatan," ucapnya.

 

"Selain itu, kegiatan Pengabmas ini juga memberikan gambaran yang real mengenai bidang keilmuan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) yang aplikatif untuk masyarakat," tambahnya.


 Haslina menambahkan, pihaknya berharap kedepannya kegiatan PkM ini dapat meningkatkan minat peserta untuk menjadikan rambut jagung memiliki nilai jual melalui peluang usaha pembuatan agar-agar sehat dari rambut jagung. (Aji)

Reporter: Admin Jateng
Editor: Aji
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar