Bupati Magelang Buka Workshop Jurnalisme Desa Cerdas

Selasa, 2 Agustus 2022 07:53 WIB

Share
Pembukaan workshop nasional desa cerdas. Foto: Harsono
Pembukaan workshop nasional desa cerdas. Foto: Harsono

MAGELANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Workshop Nasional Jurnalisme Desa Cerdas digelar secara hybrid  (daring dan luringmelalui pendapa drh. Soepardi, Komplek Setda, Kabupaten Magelang, Senin 1 Agustus 2022.


Workshop Nasional Jurnalisme Desa Cerdas mengusung tema "Creative Writing (Menulis Kreatif) Berbasis SEO dan Membuat Majalah Digital untuk Pemasaran Potensi dan Produk Unggulan Desa". 


Dalam workshop ini mengundang beberapa narasumber, yaitu Ketua PWI Kabupaten Magelang Bagyo Harsono,  Duta Digital Smart Village Magelang Solahudin, Duta Digital Smart Village Kulon Progo Dwi Afivia. Masing-masing narasumber menyampaikan materi mengenai Konsep Jurnalisme Desa Cerdas, Penulisan Kreatif Berbasis SEO, dan Membuat Majalah Digital Hanya 30 Menit.

Dalam sambutannya, Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyampaikan era digital ini era yang luar biasanya. "Di era 5.0 harapannya seluruh kegiatan bisa dilaksanakan dengan digitalisasi dan tetap diimbangi dengan semangat Indonesia dan Pancasila," ujar Bupati.

Dengan dilaksanakannya kegiatan workshop ini harapannya bisa membangun potensi yang ada di desa yang berada di Kabupaten Magelang dan yang menjadi tujuan KKN dari Universitas Sebelas Maret.


 "Monografi Desa yang sudah dilaksanakan sampai saat ini akan memudahkan pemerintah mengetahui kondisi ekonomi, potensi desa dan bisa tepat dalam membuat kebijakan  untuk kemajuan desa," imbuh Zaenal.

Dalam progres Desa Cerdas Smart Village Kabupaten Magelang, hingga saat ini sudah terdapat 15 Desa penerima Smart Village yang berada di Kecamatan Borobudur, Salam, Muntilan dan Mungkid yang didampingi oleh 5 orang Duta Digital Smart Village Kabupaten Magelang. 


"Kami laporkan 15 desa yang menerima smart village ini sudah kami dampingi selama 7 bulan dengan 25 program kegiatan yang mencakup 6 pilar," kata Solahudin, Duta Digital Smart Village Kabupaten Magelang. 

Pada sesi penyampaian materi dari Workshop Nasional Jurnalisme Desa Cerdas, narasumber tidak hanya menyampaikan materi, namun juga mengajak diskusi para peserta workshop dan Kepala Desa serta Camat yang diundang dalam kegiatan workshop tersebut. (Son)

Editor: Aji
Contributor: Y Bagyo Harsono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler