Kota Magelang dan Kota Tula Rusia Jalin Kerja Sama Sister City

Selasa, 2 Agustus 2022 10:04 WIB

Share
Wali Kota Magelang saat menjalin kerja sama dengan Kota Tula, Rusia. Foto: Ist
Wali Kota Magelang saat menjalin kerja sama dengan Kota Tula, Rusia. Foto: Ist

MAGELANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menyepakati kerja sama kota kembar (sister city) dengan Pemerintah Kota Tula di Rusia. 


Kesepakatan kedua kota tersebut diresmikan melalui penandatanganan Surat Pernyataan Kehendak (Letter of Intent) Kerja Sama oleh Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz dan Kepala Administrasi Kota (Walikota) Tula, Dmitry Milyaev, pada tanggal 26 Juli 2022 di Tula, Rusia. 

 

Penandatanganan Pernyataan Kehendak disaksikan oleh Duta Besar RI Federasi Rusia dan Republik Belarus Jose Tavares, Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno serta Wakil Gubernur Oblast (Provinsi) Tula. 

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyatakan, kerja sama ini merupakan salah satu babak bersejarah bagi kota Magelang. Kota Magelang bersiap diri untuk bertukar pengalaman dan meningkatkan kerja sama perdagangan, pendidikan, kebudayaan, pariwisata, dan teknologi informasi atau pengembangan smart city. 

Menurut Dokter Aziz, Kota Tula dipilih karena memiliki kesamaan dengan Kota Magelang secara geografis.

 

"Kita memiliki Kota Tula karena mirip dengan kita, (wilayahnya) tidak terlalu besar, bersejarah, dan produksi alat militer," ujar Dokter Aziz dalam jumpa pers di ruang sidang lantai 2 kantor Wali Kota Magelang, Senin  1 Agustus 2022.

Sebagai informasi, Kota Tula adalah kota terbesar dan pusat administrasi dan bisnis di Oblast (Provinsi) Tula yang memiliki 5 territorial districts. Tula terletak 180 km dari Moskow dan dikenal sebagai kota industri yang menerapkan konsep smart city. 

Dokter Aziz menuturkan, beberapa hal positif di Kota Tula yang bisa diaplikasikan di Kota Magelang, diantaranya pengawasan kota menggunakan CCTV yang terpusat dan terkontrol. Ada lebih dari 200 kamera pengawas yang tersebar di Kota Tula. 

Halaman
Editor: Aji
Contributor: Y Bagyo Harsono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar