Bawaslu Kabupaten Magelang Luncurkan Buku Historia Pengawasan Pemilu di Bumi Gemilang

Minggu, 7 Agustus 2022 06:51 WIB

Share
Bawaslu Kabupaten Magelang Luncurkan Buku Historia Pengawasan Pemilu di Bumi Gemilang
Launching Buku “Historia Pengawasan Pemilu di Bumi Gemilang (Periode 2001 – 2023)”. Foto: Harsono

MAGELANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Apa yang dilakukan Badan  Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang, patut diapresiasi. Ditengah persiapan Pemilihan Umum 2024, mereka berhasil me-launching Buku “Historia Pengawasan Pemilu di Bumi Gemilang (Periode 2001 – 2023)”, Jumat (5/8/2022). Peluncuran  dilakukan secara Live Youtube dari Aula Bawaslu Kabupaten Magelang.


Hadir dalam kegiatan itu,  beberapa instasi terkait, dan insan media, juga dihadiri oleh beberapa mantan Panwas yang merupakan nara sumber penulisan buku tersebut. 
"Buku ini ditulis selama kurang lebih lima bulan. Sesuai dengan judulnya, buku ini ditulis dengan metode Historia Fenomenologis. Yakni sebuah upaya pencarian bukti-bukti sejarah, melalui berbagai cara baik studi Pustaka serta interview kepada para pelaku sejarah, hingga jejak digital baik online maupun offline,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habieb Shaleh SS.


Disampaikan, bahwa buku Hestoria Pengawasan Pemilu di Bumi Gemilang periode 2004 – 2023 berisi tentang sejarah pengawasan Pemilu dengan berbagai ragam permasalahan dan penyelesaiannya. Berbagai data dan fakta tersebut, kemudian diramu, di cek and ricek, antar nara sumber. Kemudian ditulis dengan alam pikir dan mentalitas seorang pengawas Pemilu. Mengahdirkan fenomena-fenomena menarik terkait sejarah pengawasan Pemilu dari masa ke masa pasca Reformasi di Wilayah Kabupaten Magelang.

“Buku ini memotret secara komprehensif suatu peristiwa sejarah pengawasan Pemilu yang terjadi di masa lampau. Maka diharapkan akan muncul kritik sejarah, muncul dialektika pengetahuan, dan menghasilkan kesimpulan sehingga bisa menjadi teori baru dalam rangka memperbaiki sistem kepemiluan, terlebih kepada ranah pengawasan,” lanjut Habieb.

Dijelaskan, bahwa buku ini telah mendapatkan ISBN dari Perpusnas dan masih dicetak secara terbatas. Namun bagi pembaca yang belum berkesempatan memiliki buku tersebut dan berkeinginan mengetahui secara luas, bisa mengakses dalam bentuk e-book yang dapat di-download di kanal web PPID Bawaslu Kabupaten Magelang. 


"Mohon maaf, buku masih terbatas. Jadi bagi yang tertarik dan ingin mendapatkannya, dapat mengakses dalam bentuk e-book yang dapat di-download di kanal web PPID Bawaslu Kabupaten Magelang," pungkasnya. (Son)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar