Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov 2027, Surakarta Harus Bersaing dengan Salatiga dan Magelang

Rabu, 21 September 2022 06:34 WIB

Share
Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana menerima surat permohonan menjadi bakal calon tuan rumah Porprov XVII dari Ketua KONI Kota Salatiga Agus Purwanto. Foto: Ist
Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana menerima surat permohonan menjadi bakal calon tuan rumah Porprov XVII dari Ketua KONI Kota Salatiga Agus Purwanto. Foto: Ist

SEMARANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID  - Tiga kota yaitu Surakarta,  Salatiga dan Magelang mengajukan diri menjadi calon tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Jawa Tengah yang dijadwalkan tahun 2027. Hal itu diketahui dari Rapat Pleno III Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jateng di Hotel Grand Candi Semarang, Senin malam 19 September 2022.


Dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, ketiga kota itu langsung menyerahkan surat permohonan resmi. Bahkan Surakarta atau Solo sudah menyerahkan surat beberapa hari sebelum Rakerprov.
''Solo siap, bahkan sangat siap,'' kata Ketua KONI Surakarta Lilik Kusnandar saat sesi pengajuan diri menjadi calon tuan rumah. Meskipun demikian, Solo rupanya harus bersaing dengan Magelang dan Kota Salatiga.



Ketua KONI Kota Salatiga Agus Purwanto mendapat giliran berikutnya, langsung maju ke meja pimpinan rapat kemudian menyerahkan surat permohonan kepada Bona Ventura.


''Salatiga siap. Dan, kami memohon kepada saudara tua Solo, yang sudah kali jadi tuan rumah, untuk memberikan kesempatan kepada adiknya,'' kata Agus.


Lilik langsung tanggap, sehingga terjadi dialog. ''Kalau ada saudara muda atau daerah lain yang siap, Solo juga akan memberikan kesempatan. Tidak masalah,'' katanya.
Salatiga kemudian mendapat dukungan dari tetangganya Eks Karesidenan Semarang yakni KONI Kendal dan Kabupaten Semarang. ''Kami siap mendukung Salatiga menjadi tuan rumah,'' tegas utusan KONI Kendal.



Terakhir, Ketua KONI Wonosobo Kozin juga maju ke podium, meskipun tidak membawa surat permohonan. ''Kami dititipi Ketua KONI Kota Magelang Habib Ali Sungkar. Intinya, Kota Magelang dan Kedu Raya juga mengajukan diri menjadi calon tuan rumah,'' tegas Kozin.

Mutasi Atlet


Di samping menerima permohonan bakal calon tuan rumah, Rapat Pleno III juga mengesahkan cabang olahraga esport resmi menjadi anggota KONI Jawa Tengah. Namun karena anggota baru, maka cabang olahraga tersebut tidak bisa dipertandingkan pada Porprov 2023.



''Yang sangat memungkinkan adalah dipertandingkan sebagai eksibisi,'' kata Bona.
Rakerprov juga mengesahkan hasil Rapat Komisi A tentang batas waktu mutasi atlet yakni 11 bulan sebelum pelaksanaan Porprov 2023. Dengan demikian, perpindahan atlet antar-kota/kabupaten maksimal 8 Oktober 2022.


Porprov 2023 yang akan digelar di enam kabupaten wilayah Pati Raya, akan berlangsung 9 - 15 September 2023, dengan mempertandingkan/melombakan  57 cabang olahraga, 70 disiplin dan 873 nomor pertandingan. (Aji)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler