Pemkab Magelang Dorong Pelaksanaan Regsosek

Rabu, 21 September 2022 13:00 WIB

Share
Pemkab Magelang Dorong Pelaksanaan Regsosek
Bupati Magelang Saat Membuat Kegiatan Rapat Koordinasi Regsosek Tingkat Kabupaten Magelang didampingi jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang. Foto: Harsono

MAGELANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang mendorong sekaligus mendukung Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magelang yang akan dimulai pada bulan Oktober 2022. 


Hal ini disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin saat Rapat Koordinasi Regsosek Tingkat Kabupaten Magelang di Hotel Grand Artos Magelang, Selasa (20/9/2022).

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, pelaksanaan Regsosek ini guna pemuktahiran data yang akan menjadi perwujudan dari satu data sosial ekonomi dan menjadi rujukan bagi lintas sektor, baik di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

 

Menurutnya sistem perlindungan sosial melalui Regsosek merupakan salah satu pilar utama yang lebih komprehensif, inklusif, dan adaptif, dan diharapkan mampu menghadapi berbagai goncangan alam, ekonomi, kesehatan, dan sosial.  
 
"Kita belajar dari guncangan Pandemi Covid-19 bahwa perlindungan sosial harus adaptif terhadap kebencanaan, saling terintegrasi antar program serta dapat disalurkan secara cepat dengan layanan yang mudah diakses. Pendataan ini akan dilakukan dari Desa, karena Pemerintah Desa menjadi unsur penting dalam mengidentifikasi penduduk rentan yang terdampak dan memudahkan penyaluran bantuan secara tepat," kata Zaenal.


Langkah Strategis


Ia berharap kepada stakeholder terkait, utamanya Kepala Desa/Lurah dan juga seluruh elemen masyarakat agar mendukung program Regsosek ini sebagai langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan ekonomi berbasis data di Kabupaten Magelang.

 

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang Toto Desanto dalam laporannya menjelaskan bahwa Regsosek sendiri adalah suatu sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Desa/Kelurahan.

"Kami memohon dukungan untuk menyatukan visi dan membangun komitmen yang kuat untuk berperan aktif dalam menyukseskan progam Regsosek dan dimohon untuk masyarakat agar memberi respons yang baik, terima kedatangan petugas pendataan awal Regsosek 2022 dan memberikan jawaban dengan benar dan jujur, itu yang terpenting," jelasnya. (Son)

Reporter: Admin Jateng
Editor: Aji
Contributor: Y Bagyo Harsono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar