Argentina Juara Piala Dunia 2022 Mengulang Sejarah 36 Tahun yang Lalu

Senin, 19 Desember 2022 07:13 WIB

Share
Tim Nasional Argentina. Foto: Instagram Barcelona_family
Tim Nasional Argentina. Foto: Instagram Barcelona_family

LUSAIL, JATENG.POSKOTA.CO.ID –Penantian 36 tahun Argentina untuk membawa pulang gelar juara  Piala Dunia, akhirnya tercapai setelah di partai puncak Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/2022) mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti 4-2 (3-3). Duel kedua tim dilangsungkan di Stadion Lusail, Qatar.

Argentina sudah cukup lama berpuasa gelar Piala Dunia. Kali terakhir, tim berjuluk Albiceleste itu menjuarai Piala Dunia pada 1986. Di partai final 36 tahun yang lalu, Diego Maradona dkk menumbangkan Jerman Barat 3-2. Tiga gol kemenangan Argentina dicetak Jose Luis Brown (23), Jorge Valdano (55) dan Jorge Luis Burruchaga. Dua gol Jerman Barat dicetak Karl Heinz Rummenigge dan Rudi Voller.

Sedangkan gelar pertama Piala Dunia diraih tim berjulukan Albiceleste usai mengalahkan Belanda dengan skor 3-1 dalam laga final Piala Dunia yang digelar di Estadio Monumental, Buenos Aires, pada 25 Juni 1978. Tiga gol dalam kemenangan Argentina atas Belanda dicetak oleh MarioKempes (38', 105') dan Daniel Bertoni (115').

 

Sementara itu, Belanda mencetak satu gol yang dilesakkan oleh Dick Nanninga pada menit ke-82. Berkat kemenangan itu, Argentina pun berhak merebut gelar juara Piala Dunia pertama kalinya sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia dilangsungkan.

Tiga Gelar Juara

Gelar Juara Piala Dunia 2022 ini menjadikan Argentina berhasil mengoleksi tiga gelar juara Piala Dunia. Sedangkan Prancis dengan kekalahan mereka atas Argentina di final Piala Dunia 2022 membuat mereka gagal mengoleksi gelar tiga kali.

Piala Dunia 1978 Argentina menjuarai event empat tahunan itu  di negara mereka sendiri. Bertindak sebagai tuan rumah, skuad Argentina saat itu memang sudah di gadang-gadang mampu menorehkan sejarah untuk pertama kalinya. Mario Kempes dengan rambut gondrongnya mampu menyihir penonton sebagai striker tajam Argentina.

Di babak penyisihan grup, Mario Kempes dkk hanya sebagai runner up Grup 1 dengan raihan empat poin, hasil dari dua kali menang dan satu kali kalah. Tim tuan rumah pun finis di belakang Italia yang memuncaki klasemen Grup 1 dengan raihan poin sempurna, enam angka
 



Di putaran kedua, Argentina berada di Grup B bersama Brazil, Peru, dan Polandia. Mereka pun berhasil lolos ke final setelah menjadi juara Grup B dengan mengoleksi lima poin. Di final, Argentina bertemu dengan Belanda yang keluar sebagai juara Grup A. Hasilnya, Albiceleste berhasil menang dengan skor 3-1 dalam laga final Piala Dunia yang digelar di Estadio Monumental, Buenos Aires, pada 25 Juni 1978. Tiga gol dalam kemenangan Argentina atas Belanda dicetak oleh Mario

Pertama Kali

Kempes (38', 105') dan Daniel Bertoni (115'). Sementara itu, Belanda mencetak satu gol yang dilesakkan oleh Dick Nanninga pada menit ke-82. Berkat kemenangan itu, Argentina pun berhak merebut gelar juara Piala Dunia pertama mereka.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler