Kylian Mbappe Top Skor Piala Dunia 2022, Bawa Pulang Sepatu Emas

Senin, 19 Desember 2022 05:45 WIB

Share
Kylian Mbappe. Foto:Instagram Mbappe
Kylian Mbappe. Foto:Instagram Mbappe

LUSAIL.JATENG.POSKOTA.CO.ID- Prancis gagal mempertahankan gelar juara dunia yang digenggamnya Tahun 2018 lalu di Rusia. Di final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, Minggu  (18/12/2022), Prancis harus mengakui keunggulan Argentina melalui drama adu penalti 2-4. Selama 120 menit, kedua tim berbagi skor 3-3.

Kylian Mbappe memang gagal membawa Les Bleus menjadi juara dunia tahun ini, namun demikian dia berhasil menjadi top skor gelaran sepakbola empat tahun sekali. Pemain yang bermain di klub Paris Saint-Germain total mencetak 8 gol selama Piala Dunia 2022. Di final, Mbappe mencetak hattrick ke gawang Argentina.

Dengan mencetak 8 gol tersebut, pemain berusia 23 tahun ini berhak mendapatkan sepatu emas. Sosok kunci di timnas Prancis itu mengalahkan pemain andalan Argentina Lionel Messi yang mencetak 7 gol. Bagi Mbappe, capaian tersebut untuk pertama kalinya diraih. Striker PSG itu patut mendapatkan sepatu emas, karena permainannya cemerlang.

 

Hattrick yang diciptakan Mbappe ke gawang Argentina di partai puncak diciptakan di menit ke-80, 81, dan 118. Gol ketiga Mbappe membuat kedudukan menjadi 3-3. Sebelumnya, Prancis harus tertinggal gol terlebih dahulu. Berkat kecemerlangan Mbappe, gol melalui titik penalty di menit ke-118 tersebut membuat kedua tim bermain imbang.

Dua Pemain

Ada dua pemain yang sebelumnya mencetak delapan gol di Piala Dunia. Selain Kylian Mbappe, dua pemain lain yang pernah mencetak delapan gol adalah Ronaldo (Brazil) di Piala Dunia 2002 dan Guillermo Stabile (Argentina) di Piala Dunia 1930. Keduanya juga menjadi top skor dengan jumlah gol serupa.

Di bawah Mbappe, ada Lionel Messi yang mencetak dua gol di final, menutup turnamen dengan torehan tujuh gol. Hanya saja, La Pulga tampaknya lebih suka membanggakan trofi Piala Dunia 2022 yang ia raih bersama rekan setimnya.

 



Berikut klasemen akhir top skor Piala Dunia 2022:

8 gol
Kylian Mbappe (Prancis)
7 gol

Lionel Messi (Argentina)
4 gol
Julian Alvarez (Argentina)
Olivier Giroud (Prancis)
3 gol
Goncalo Ramos (Portugal)
Alvaro Morata (Spanyol)
Marcus Rashford (Inggris)
Enner Valencia (Ekuador)
Bukayo Saka (Inggris)
Richarlison (Brasil)
Cody Gakpo (Belanda)
2 gol
Bruno Fernandes (Portugal)
Harry Kane (Inggris)
Niclas Fullkrug (Jerman)
Vincent Aboubakar (Kamerun)
Mehdi Taremi (Iran)
Neymar (Brasil)
Robert Lewandowski (Polandia)
Wout Weghorst (Belanda)
Rafael Leao (Portugal)
Kai Havertz (Jerman)
Giorgian de Arrascaeta (Uruguay)
Ritsu Doan (Japan)
Ferran Torres (Spanyol)
Mohammed Kudus (Ghana)
Aleksandar Mitrovic (Serbia)
Salem Al-Dawsari (Arab Saudi)
Cho Gue-sung (Korea Selatan)
Breel Embolo (Swiss)
Andrej Kramaric (Kroasia)
Youssef En-Nesyri (Maroko). ADE

Reporter: Admin Jateng
Editor: Ade
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler