Senator Jateng Abdul Kholik Usulkan NUnomics pada Momentum Satu Abad NU

Senin, 6 Februari 2023 12:31 WIB

Share
Senator DPD asal Jawa Tengah, Abdul Kholik. Foto:Dok
Senator DPD asal Jawa Tengah, Abdul Kholik. Foto:Dok

SEMARANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID   - Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah  Dr Abdul Kholik SH MSi, bersyukur NU kini memasuki usia satu abad. Usia yang cukup panjang untuk merefleksikan betapa keberadaan dan fungsi organisasi jam'iyah ini yang penuh makna. Sangatlah berarti bagi bangsa Indonesia karena NU telah menjadi bagian yang melahirkan negeri.  

“NU juga menjadi eksponen perjuangan kemerdekaan. Begitupun ketika mengisi kemerdekaan NU terus memberikan kontribusi terbaik dalam membangun dan menjaga eksistensi NKRI.Di tengah suasana memperingati satu abad layak juga dilakukan refleksi pada aspek mana yang perlu diperkuat demi kelangsungan dan kejayaan ke depan. Salah satunya adalah perlunya menegaskan jalan kemajuan  ekonomi NU (NU Nomics)” kata senator asal Jateng Abdul Kholik, Senin 6 Februari 2023.

 

Menurutnya, jalan kemajuan ekonomi itu berupa  konsolidasi gerakan ekonomi untuk pemberdayaan seluruh nahdliyin yang output-nya adalah kemandirian NU. 


“Banyak aspek yang menjadi muatan penting dalam membangun jalan ekonomi bagi NU. Diantaranya dengan memberdayaan potensi  UMKM warga NU dalam satu jaringan rantai pasok yang saling memenuhi bahan baku dan konsumsi produknya. Fokus sektor garapan yang banyak menjadi lahan warga Nu terutama pertanian, kelautan, dan produk kebutuhan pokok barang gunaan,'' ujarnya.
 
Selanjutnya perlu dilakukan konsolidasi lembaga keuangan khususnya yang berada di lingkungan atau dikelola oleh warga NU untuk mengoptimlakan dukungan permodalan. Sembari diperkuat dan dintegrasikan potensi zakat, infak,shodaqoh, wakaf tunai, dan pengembangan produk halal,



 “Semuan itu sangat memungkinkan dengan melimpahnya sumberdaya saat ini dan penguasaan teknologi yang terus meningkat,'' tandas Kholik. (Aji)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler