Advertisement

Keajaiban Doa, Doa Agar Mudah Menerima Kenyataan

Pendidikan —Rabu, 13 Januari 2021 17:23 WIB
    Bagikan:  
Keajaiban Doa, Doa Agar Mudah Menerima Kenyataan
Islam.co

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Doa Agar Mudah Menerima Kenyataan - Saat ini, sebagian orang terkadang tidak mudah menerima kenyataan baik itu dalam cinta, hukum, ekonomi-bisnis, sosial, dan juga pribadi yang tidak sesuai dengan harapan.

Doa Agar Mudah Menerima Kenyataan - Mereka beranggapan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan dapat membawa mafsadat baginya. Padahal, kenyataan yang tidak sesuai harapan bisa jadi membuka banyak pintu kemaslahatan baru baginya.

 

BACA JUGA : DKPP Berhentikan Arief Budiman dari Jabatan Ketua KPU RI

 

Dilansir dari laman NU, mereka yang tengah dihadapkan pada kenyataan pahit kehidupan yang tidak sesuai harapan harus tetap menjaga situasi batin dan kekuatan mental.

Mereka dianjurkan untuk mengucap kalimat sebagai berikut:

 

حَسْبِىَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Hasbiyallāhu wa ni‘mal wakīl.

Artinya, “Cukuplah Allah bagiku dan ia sebaik-baik wakil.” 

 

 

BACA JUGA:  Tinggi Gelombang Mencapai 2,5 Meter, Basarnas Hentikan Sementara Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

 

Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Imam Abu Dawud, An-Nasai, dan Al-Baihaqi. Semangat anjuran ini bukan hanya terletak pada pelafalan kalimat “Hasbiyallāhu wa ni‘mal wakīl,” tetapi pada penguasaan emosi dan penguatan mental serta mengembalikan persoalan berat kepada Allah ketika menerima sebuah kenyataan meski pahit sekalipun.

 

 عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ رَضِىَ اللَّهُ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَضَى بَيْنَ رَجُلَيْنِ فَقَالَ الْمَقْضِىُّ عَلَيْهِ لَمَّا أَدْبَرَ حَسْبِىَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ فَقَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِنَّ اللَّهَ جَلَّ ثَنَاؤُهُ يَلُومُ عَلَى الْعَجْزِ وَلَكِنْ عَلَيْكَ بِالْكَيْسِ فَإِذَا غَلَبَكَ أَمْرٌ فَقُلْ حَسْبِىَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ 


Artinya

“Dari Auf bin Malik RA bahwa Rasulullah SAW memutuskan perkara di antara dua orang. Orang yang berperkara ketika berpaling mengucap, ‘Hasbiyallāhu wa ni‘mal wakīl.’ Rasulullah kemudian bersabda, ‘Allah mencela kelemahan. Sebaliknya, kau harus kuat. Jika kau dirundung oleh suatu masalah, hendaknya mengucap, ‘Hasbiyallāhu wa ni‘mal wakīl,’’” (HR Abu Dawud, An-Nasai, dan Al-Baihaqi). (dwa)

 

BACA JUGA : Panglima TNI Buka Suara Tentang Kronologis Penemuan Black Box Sriwijaya Air SJ182 Oleh Tim Gabungan


 

Doa, Mudah, Menerima Kenyataan, Doa Mudah Menerima Kenyataan

 

Editor: Rani
    Bagikan:  

Berita Terkait