Mahasiswa KKN UPGRIS 2021, Bantu Siswa Belajar dari Rumah

Pendidikan —Minggu, 14 Februari 2021 09:39 WIB
    Bagikan:  
Mahasiswa KKN UPGRIS 2021, Bantu Siswa Belajar dari Rumah
DAMPINGI SISWA: Mahasiswa KKN UPGRIS mendampingi siswa belajar dari rumah. Foto: Ist

JATENGPOSKOTA, JEPARA -


Kondisi pandemi Covid-19 membuat motivasi dan inspirasi tersendiri bagi mahasiswa Manajemen UPGRIS dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2021.
Salah satunya, Naila Ufiidatul Uzkiyyah, mahasiswa Manajemen UPGRIS yang tergabung dalam peserta KKN 2021 Kelompok 18. Dia memilih melakukan kegiatan pendampingan Belajar dari Rumah (BdR) sejak 10 Februari lalu.
Lokasi KKN berada di Dukuh Dunggayam RT 01 RW 03, Desa Tulakan, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pendampingan BdR dilakukan setiap satu kali dalam satu minggu.
Menurut dia, pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih mewabah di seluruh dunia. Akibatnya, seluruh lapisan masyarakat yang diharuskan membatasi diri untuk keluar rumah.


BACA JUGA : Putri Anne Singgung Kemesraan Arya Saloka dan Amanda Manopo dalam Ikatan Cinta

[page-pagination]


Banyak kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah di masa pandemi. Kebijakan tersebut diantaranya mulai dari harus membiasakan membatasi diri untuk keluar rumah jika tidak benar – benar penting, selalu mengenakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak jika berinteraksi dengan orang lain. Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan yaitu melakukan segala aktivitas dari rumah saja, seperti Bekerja dari Rumah (WfH), .
Pembelajaran dari rumah tentu membuat banyak pihak merasa kurang efektif, baik dari sudut pandang guru, siswa, maupun orangtua.
''Guru kurang bisa memantau perkembangan peserta didik, peserta didik sudah pasti merasa jenuh dengan adanya pembelajaran jarak jauh, bahkan orangtua dari siswa pun merasa takut jika anaknya gagal dalam memahami pelajaran,'' katanya, Minggu (14/2/2021).

Kendala 


Orangtua pun pasti mengeluh dengan adanya kebijakan belajar dari rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh. Beberapa orangtua mengalami kendala saat membimbing anaknya saat kegiatan belajar dari rumah dan mengerjakan tugas sekolah. Mulai dari anaknya yang susah dibimbing untuk belajar hingga orangtua yang tidak memahami materi sang anak.


BACA JUGA : Ramalan Zodiak Besok, Senin 15 Februari 2021, Leo Hubungan Harmonis


Adanya KKN UPGRIS dari rumah saja yang sedang dilaksanakan, membuat mahasiswa turut membantu guru, siswa, dan orangtua siswa dalam membimbing, mengajarkan dan mendampingi kegiatan belajar dari rumah. Kegiatan ini dilakukan di rumah mahasiswa, terkadang juga di rumah salah satu siswa.
Peserta didik yang merasa membutuhkan penjelasan lagi mengenai apa yang disampaikan oleh guru, dan peserta didik yang belum memahami materi atau tugas yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, Mahasiswa KKN UPGRIS bisa membantu, mendampingi dan membimbing peserta didik dalam belajar dan mengerjakan tugas.
Ketika belajar, peserta didik merasa senang, karena mereka dapat belajar bersama dengan teman sebaya, bahkan setelah peserta didik selesai belajar, mahasiswa KKN memberikan sedikit apresiasi kepada peserta didik karena telah semangat dalam belajar, yaitu dengan memberikan jajan kepada peserta didik.


BACA JUGA: Resep Jus Kurma Anti Bikin Ngantuk, Minuman Segar

[page-pagination]


DisampUing itu, ketika kegiatan belajar dilakukan, mahasiswa dan peserta didik tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, Menjaga jarak, dan sebelum kegiatan belajar dimulai, mahasiswa menyemprotkan hand sanitizer kepada peserta didik.
Orangtua merasa sangat terbantu dengan adanya program pendampingan belajar dari rumah yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN ini. Para orangtua pun bisa lebih fokus bekerja atau mengurus pekerjaan yang lain, dan para orangtua pun percaya penuh dengan mahasiswa KKN yang dapat membimbing peserta didik dengan baik.: 


BACA JUGA : Bikin Ngeri ! Video Desa Mati di Majalengka, 10 Tahun Tidak Berpenghuni


Harapannya tentu, bersama-sama melawan virus Covid-19 yang sampai saat ini masih mewabah di Indonesia dengan menerapkan 3M, yaitu Memakai masker jika berada di luar rumah, Menjaga jarak dan kurangi berinteraksi dengan orang asing jika kurang penting, selalu Mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir atau memakai hand sanitizer.
''Semoga pandemi ini segera berakhir, peserta didik bisa belajar lagi di sekolah, dan semua kegiatan bisa berjalan normal kembali,'' pungkasnya. Aji

Editor: Aji
    Bagikan:  

Berita Terkait