Cara Meruqyah Sendiri di Rumah Sesuai Syariat Islam Agar Terhindar dari Gangguan Jin dan Setan

Pendidikan —Senin, 15 Februari 2021 11:17 WIB
    Bagikan:  
Cara Meruqyah Sendiri di Rumah Sesuai Syariat Islam Agar Terhindar dari Gangguan Jin dan Setan
Ayat suci Alquran - Istimewa

POSKOTAJATENG,


Pernahkah kamu di ganggu oleh mahluk halus, atau semacamnya? Perlu kita sadari kita hidup di dunia berdamingan dengan hal yang tak bisa kita lihat atau mahluk Gaib,namun sering kali mahluk yang diciptakan untuk menganggu Manusia itu sering kali mengganggu.



Gangguan dapat berupa dicelakakan, dilukai, terkena penyakit yang tak kunjung sembuh, atau ada pula yang merasa sakit pada bagian tubuhnya tetapi ketika diperiksa secara medis tidak ditemukan penyakit apapun


Untuk mengobati hal tersebut, sarana penyembuhannya dalam islam dinamakan dengan sebutan “Ruqyah”, ruqyah bukan pengobatan alternatif, ruqyah merupakan bagian dari doa, sebagai bentuk memohon perlindungan atau memohon kesembuhan dari gangguan atau bahaya, baik fisik atau batin.


ruqyah berisi ayat ayat Al Qur’an atau doa doa dari Hadist, ruqyah boleh dilakukan secara pribadi untuk diri sendiri dengan harapan berlindung kepada Allah atau untuk menyembuhkan penyakit.


Beritkut Ini tata cara meruqyah diri sendiri esuai dengan syariat Islam

 

[page-pagination]

  1. Yakin pada Allah

Awali dengan kemantapan hati bahwa kesembuhan hanya datang dari Allah, ikhlas dan hadapkan diri dengan kesungguhan, jika anda percaya maka Allah akan mengabulkan sebab Allah sesuai dengan prasangka hamba Nya.

       2 Melakukan Wudlu

Berwudlu terlebih dahulu, ruqyah harus dilakukan dalam keadaan suci. Dalam kondisi suci akan mempermudah proses ruqyah yang dilakukan. manfaat berwudhu dalam islam untuk menjaga diri agar tetap dalam kondisi suci dan tentu saja dianjurkan.

  1. Dalam Kondisi Bersih

Memakai pakaian yang bersih, bebas dari najis, dan menutup aurat. Dengan demikian jiwa menjadi tenang dan tentram serta jauh dari godaan syaitan.

  1. Awali Dengan Shalat Taubat dan Shalat Hajat Masing Masing 2 Rakaat

Hal ini dilakukan untuk memohon ampun terlebih dahulu atas dosa dosa kita sebagai umat manusia dan untuk memperkuat memohon hajat atau doa kepada Allah agar dikabulkan dan mendapat ridho Nya. sholat hajat mampu mendorong anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Membaaca Ayat Ayat Tertentu

[page-pagination]



Ruqyah dengan membaca doa secara langsung, dilakukan dengan membaca ayat ayat berikut lalu usapkan dengan kedua tangan ke seluruh tubuh sebagai perlindungan atau anggota tubuh yang sakit untuk penyembuhan.

  • Membaca Basmallah sebanyak 3 kali
  • Membaca Ayat kursi
  • Surat Al Fatihah
  • Surat Al Ikhlas
  • Surat Al Falaq
  • Surat An Naas
  • Lanjutkan dengan membaca doa berikut

 

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

 


“Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

Rasulullah bersabda ketika Utsman bin Abil Ash mengadukan rasa sakit di badannya “letakkan tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu”. (HR Ibnu Hibban). Lalu Rasulullah mengajarkan doa doa di atas.

 

Ruqyah Sebelum tidur

Gabungkan dua telapak tangan, lalu dibacakan surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas, lalu tiupkan ke kedua telapak tangan. Kemudian usapkan kedua telapak tangan itu ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan.

Kemudian diulang sampai tiga kali.

Ini berdasarkan hadis dari A’isyah radhiyallahu ‘anha, yang menceritakan kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelulm tidur. (HR. Bukhari 5017 dan Muslim 2192).



Media Ruqyah

Biasanya orang meruqyah ada beberapa media

  1. Usapan tangan

ruqyah dengan mengusap memakai tangan kanan lebih dianjurkan, hal ini berdasar hadist A’isyah Radhiyallahu ‘anha “Rasulullah, tatkala dihadapkan pada orang yang mengeluh kesakitan beliau mengusapnya dengan tangan kanan”. (HR Muslim Syarah An Nawawi (14/180). Baca doa sdi atas lalu usapkan dengan tangan kanan ke seluruh tubuh atau bagain yang sakit.

[page-pagination]


  1. Ruqyah Dengan Cara Meniup

Caranya dengan membaca doa di atas lalu ditiup dengan lembut tanpa keluar air ludah  di anggota tubuh yang sakit seperti yang diceritakan oleh A’isyah Radhiyallahu ‘anhaketika ditanya tentang tiupan Nabi Muhammad SW ketika meruqyah “seperti tiupan orang yang makan kismis, tidak ada air ludahya yag keluar”. (HR Muslim kitab As Salam 14/182)

  1. Ruqyah Dengan Media Air

Caranya ialah doa di atas dibaca dengan didekatkan pada segelas air putih bersih di mulut, lalu minum airnya hingga habis. manfaat ruqyah dalam islam membersihkan diri anda dari hal – hal yang buruk yang ada dalam tubuh dan diri anda. Selain itu juga untuk menjauhkan diri dari godaan syaitan.

  1. Ruqyah Dengan Minyak Zaitun

Merupakan media paling baik menurut Rasulullah, “makanlah minyak zaitun dan olesi tubuh dengan nya, sebab ia berasal dari tumbuhan yang penuh berkah”. (Hadist Hasan Shahihul Jami’ 2/4498). Caranya dengan membaca doa di atas sambil didekatkan pada minyak zaitun lalu usapkan minyak zaitun tersebut ke tubuh anda atau diminum.

  1. Dengan Menggunakan Daun Bidara
  • Ambil 7 helai daun bidara atau kelipatannya, tumbuk hifngga halus, campur dengan air seember kecil.
  • Aduk dengan tangan yang bersih sambil membaca doa di atas.
  • Pakai airnya untuk mandi atau disemprotkan ke seluruh dinding rumah.

Hal ini pernah dilakukan pada jaman Rasulullah ketika memandikan puterinya (zainab) beliau bersabda “mandikanlah dia tiga, lima, atau tujuh kali, atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air daun bidara”. (HR Muslim 3/47-48).

 


Editor: Sania
    Bagikan:  

Berita Terkait