Humaini dari Dirut PDAM Belum Kunjung Dipecat Pemkab Kudus

News —Selasa, 23 Februari 2021 16:58 WIB
    Bagikan:  
 Humaini dari Dirut PDAM  Belum Kunjung Dipecat Pemkab Kudus
Dirut PDAM Kudus Ayatullah Humaini terlihat di layar monitor dalam sidang yang digelar secara daring di Pengadilan Tipikor Semarang, . foto:Ant/Suarabaru.id

POSKOTAJATENG,

Humaini dari Dirut PDAM  Belum Kunjung Dipecat Pemkab Kudus,Pemerintah Kabupaten Kudus hingga kini belum kunjung memberhentikan Ayatullah Humaini dari jabatannya sebagai Dirut PDAM Kudus.

Humaini dari Dirut PDAM  Belum Kunjung Dipecat Pemkab Kudus, Padahal Humaini sudah divonis Pengadilan Tipikor Semarang bersalah melakukan tindak pidana korupsi pungutan pegawai dengan hukuman 4,5 tahun penjara.Bahkan, informasinya Humaini tidak melakukan upaya hukum berupa banding. Sehingga, bisa dikatakan putusan Humaini sudah memiliki kekuatan hukum tetap.Plt Asisten Bidang Perekonomian Setda Kudus yang juga sekaligus Kabag Perekonomian, Agung Dwi Hartono mengatakan, proses pemecatan Humaini akan disesuaikan dengan regulasi perundangan yang ada.

Sesuai aturan perundangan, yang bersangkutan bisa diberhentikan secara tidak hormat dari jabatannya jika sudah ada putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap alias inkrah, Humaini ,  Dirut PDAM ,  Dipecat , Pemkab Kudus , Kudus .

BACA JUGA : Kampus Baru di Jalan Kutoarjo akan Bangun UMNU Kebumen

[page-pagination]

“Apabila perbuatan yang dilakukan oleh Direksi merupakan tindak pidana dengan putusan bersalah dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap yang bersangkutan diberhentikan dengan tidak hormat,”kata Agung, Selasa (23/2).Namun demikian, kata Agung, sampai saat ini Pemkab Kudus belum menerima salinan ketetapan atas status hukum Humaini.“Sampai saat ini kami masih menunggu ketetapan hukum dari Pengadilan tipikor Semarang soal status hukum yang bersankutan. Jika memang tidak melakukan banding, semestinya vonis yang diterima Humaini sudah inkrah,”kata Agung.

Dengan demikian, meski sudah dinonaktifkan dari Direktur Utama PDAM, Humaini saat ini menerima hak dari jabatanya. Walaupun tidak bisa menjalankan tugasnya, namun Humaini masih berhak atas 50 persen dari gaji pokok yang diterimanya.

“Karena belum diberhentikan secara tetap, yang bersangkutan masih boleh menerima 50 persen dari gaji pokok tanpa tunjangan lainnya,”tandasnya.Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dirut PDAM Kudus Ayatullah Humaini akhirnya divonis bersalah dan dihukum 4,5 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Semarang. Selain itu, Humaini juga harus membayar denda sebesar Rp 50 juta.

sumber suarabaru

BACA JUGA : Humaini dari Dirut PDAM Belum Kunjung Dipecat Pemkab Kudus

Editor: Sania
    Bagikan:  

Berita Terkait